Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, membuka 243 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 dan jumlah tersebut atas usulan dan sesuai dengan kebutuhan.

"Formasi CPNS yang diterima pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang 2019 lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," ujar Kepala BKDPSDM Kabupaten Bengkayang, Geraldus saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Baca juga: Kabupaten Landak dapat alokasi 258 formasi CPNS 2019

Geraldus menjelaskan bahwa untuk syarat dan ketentuan pendaftaran serta formasi yang tersedia bisa diakses di website Pemkab Bengkayang.

Geraldus juga mengucapkan terima kasih Pemerintah pusat yang telah memenuhi usulan Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memenuhi usulan Pemkab Bengkayang, sehingga tahun 2019 dapat formasi yang hampir sesuai dengan kebutuhan dan jumlahnya lumayan banyak," ujar Geraldus.

Sementara itu, atas kuota dan formasi yang ada menjadi sorotan Ketua DPRD Bengkayang Fransiskus, ia menyebutkan bahwa jatah formasi CPNS Bengkayang dinilai masih kurang terutama bagi tenaga pendidik dan kesehatan.

Baca juga: Permohonan SKCK di Polresta Pontianak membludak jelang penerimaan CPNS

"Kuota CPNS tahun 2019 belum mampu memenuhi kekurangan terutama pegawai yang dianggap vital seperti tenaga pendidik guru dan kesehatan. Hal itu karena mengingat masih kekurangan sebanyak 1.900 tenaga pengajar guru," ujar Ketua DPRD kabupaten Bengkayang .

Kata Fran, saat ini untuk tenaga pendidik di Bengkayang lebih banyak berasal dari tenaga honorer. Sementara gaji yang diterima tenaga pengajar honerer tersebut sangat tidak layak.

"Bahkan ada tenaga honorer yang hanya digaji paling besar Rp300 ribu - Rp500ribu per bulan sesuai aturan 15 persen menggunakan dana BOS. Kecuali honer daerah yang direkrut Pemkab Bengkayang maksimal Rp1,5 juta per bulan," jelas dia.

Kabupaten Bengkayang merupakan satu di antara daerah di Kalimantan Barat yang berbatasan darat langsung dengan Sarawak, Malaysia. Terdapat 17 kecamatan yang terdiri 2 kelurahan dan 122 desa.


Baca juga: Kota Singkawang buka 146 formasi CPNS 2019
Baca juga: Psikolog sarankan ini bagi yang ikut test CPNS
Baca juga: Mau jadi PNS Pemkot Pontianak, IPK minimal 2,75
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019