Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat secara resmi melaunching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu tahun 2020, yang di pusatkan di Kota Putussibau daerah setempat.

" Dengan launching Pilkada Kapuas Hulu itu tanda dimulainya tahapan pemilihan yang jika kita hitung mundur masih tersisa 183 hari lagi," kata Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani, saat launching Pilkada Kapuas Hulu, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Sabtu malam.

Disampaikan Yani, ada tiga tahapan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2020, yaitu pemutahiran data pemilih  yang dimulai dengan coklit serentak pada 18 April hingga 17 Mei 2020.


Baca juga: KPU : PPK Kapuas Hulu harus miliki "4 On" sukseskan Pilkada 2020


Menurut dia, setelah proses pemutahiran data pemilih lah nanti yang menentukan jumlah pemilih pada Pilkada tahun 2020 di Kapuas Hulu.

Setelah itu, pencalon atau pendaftaran pasangan calon pada 16 sampai dengan 18 Juni 2020, dan penetepan pasangan calon pada 8 Juli 2020.

"Pendaftaran bakal pasangan calon itu ada dua cara yaitu jalur perseorangan dan jalur politik," ucap Yani.

Untuk jalur perseorangan, syarat dukungannya sudah diserahkan ke KPU pada 19 sampai dengan 23 Februari 2020.


Baca juga: KPU Kapuas Hulu diminta dapat mempertanggungjawab anggaran Rp39,98 milyar

Sedangkan jalur politik atau gabungan partai politik , kata Yani, syaratnya minimal enam kursi atau 20 persen dari jumlah kursi partai di parlemen (DPRD).

Selain itu, Yani menyampaikan tahapan ketiga yaitu pungut hitung pada 23 September 2020.

" Pemungutan dan perhitungan suara itu lah sebagai penentu siapa calon Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu pilihan rakyat Kapuas Hulu untuk pemimpin periode berikutnya," kata Yani.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero mengatakan  launching Pilkada tersebut dilaksanakan agar masyarakat mengetahui bahwa tahapan persiapan Pilkada sudah dimulai siap dilaksanakan.


Baca juga: KPU Kalbar minta dana Pilkada digunakan secara transparan

" Saya berharap launching Pilkada itu bisa sampai keseluruhan lapisan masyarakat, pemerintah hingga semua kalangan," kata Yani.

Dikatakan Antonius, dalam proses Pilkada, KPU memiliki peran penting dan strategis, karena KPU bertanggungjawab terhadap seluruh tahapan mulai dari sosialisasi, pendaftaran pemilihan atau pemungutan hingga perhitungan suara.

" Seluruh tahapan Pilkada harus dilakukan dengan baik, kepada masyarakat mari kita kawan dan sukses Pilkada Kapuas Hulu dengan mengedepankan rasa keamanan dan ketertiban ditengah - tengah masyarakat," pesan Antonius.

Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu tersebut dilaksanakan di Indoor Volley Putussibau, Kapuas Hulu, sekitar pukul 20.00 WIB, Sabtu malam (29/2) yang dihadiri sejumlah pejabat terkait serta pihak Panitia pemilihan kecamatan (PPK) se - Kapuas Hulu dan tokoh masyarakat, partai politik, serta organisasi kemasyarakatan.


Baca juga: KPU Kapuas Hulu diminta dapat mempertanggungjawab anggaran Rp39,98 milyar
Baca juga: Edi Suhita - Dominikus Sehen memenuhi syarat dengan 17.967 dukungan
Baca juga: Pasangan Edy Suhita dan Dominikus Sehen daftarkan diri ke KPU Kapuas Hulu
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020