Seorang dokter perempuan bernama Dasmiati Olfah yang bertugas di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Putussibau Selatan, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat turun langsung dalam pencegahan sebaran virus Corona (COVID - 19) hingga ke desa - desa di daerah tersebut.

" Kami melakukan penyemprotan disinfektan di semua desa terutama di fasilitas umum untuk antisipasi sebaran COVID - 19," ucap dr Dasmiati Olfah yang merupakan Kepala Puskesmas Putussibau Selatan, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin.

Disampaikan Olfah, masyarakat memerlukan kehadiran petugas kesehatan dalam memberikan pemahaman serta memotivasi masyarakat untuk bersama - sama mengantisipasi sebaran COVID - 19.

Bahkan Olfah mengakui pihaknya juga mengajarkan masyarakat untuk membuat larutan disinfektan sendiri untuk dipergunakan di lingkungan dan rumah tangga masing - masing.

Menurut dia, yang terpenting adalah mengarahkan masyarakat untuk tetap melakukan sosial distancing yaitu mengurangi kegiatan kumpul - kumpul dan menghindari keramaian.
Kepala Puskesmas Putussibau Selatan, dr Dasmiati Olfah, ikut turun langsung ke desa - desa dalam penanggulangan antisipasi sebaran COVID - 19 di daerah tersebut. (Istimewa)


" Karena virus itu mudah sekali menular apalagi kita tidak tahu siapa - siapa yang sudah terinfeksi penyakit tersebut," ucap Olfah.

Apalagi, kata Olfah, sekarang penyakit tersebut tidak hanya di derita oleh orang - orang yang menunjukkan gejala batuk, pilek, demam atau sesak saja, namun bisa saja orang tanpa ada gejala tertular virus mematikan itu.

" Sekarang orang tanpa ada gejala saja bisa positif terkena COVID - 19. Namun kita patut bersyukur di Kapuas Hulu belum ada yang positif, mudah - mudahan tidak ada yang kena virus tersebut," kata Olfah.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih mulai diri sendiri lingkungan keluarga dan masyarakat, kemudian yang tidak kalah pentingnya juga makan makanan bergizi serta menghindari kontak fisik dari orang lain.

Di Kabupaten Kapuas Hulu dari 23 Puskesmas yang ada ada tujuh kepala Puskesmas yang dijawab seorang perempuan yaitu Puskesmas Putussibau Selatan dr Olfah, Putussibau Utara, Desi Wulantari, Kalis,  Titin Juherni, Mentebah  ,D Surawati, Badau dr Maria Empanang, Susana dan Puring Kencana,  Susiati Julia

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020