Kodim 1206 Putussibau, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat saat ini sedang melakukan pembinaan terhadap 87 orang calon prajurit TNI asal daerah setempat yang sudah mendaftarkan diri secara online.

" Kegiatan yang dilakukan oleh personil Kodim 1206 Putussibau sudah melakukan pembinaan psikologi dan pembinaan fisik terhadap 87 orang calon prajurit," kata Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Basyaruddin, kepada ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.
 
Disampaikan Basyaruddin, pembinaan yang dilakukan meliputi kesegaran jasmani A (lari 3.200 meter), kesegaran jasmani B (pull up, sit up, push up dan shutle run) serta psikologi. 

Baca juga: Sebanyak 321 calon prajurit Tamtama ikuti sidang Parade
 
Pembinaan calon prajurit TNI yang dilakukan oleh Kodim 1206 Putussibau, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Istimewa)

 
Menurut dia, pembinaan kepada calon prajurit TNI - AD merupakan hal yang penting, karena selama pelatihan mereka diberikan pemahaman dan kesiapan baik fisik maupun mental , khususnya dalam menghadapi berbagai macam tes di kemudian hari agar nantinya mereka tidak kalah bersaing dengan calon-calon dari daerah lain. 
 
" Mereka juga kita ajarkan tentang teknik dan tata cara gerakan yang benar," kata Basyaruddin.
 
Dikatakan Basyaruddin, sebelumnya perekrutan untuk putra putri Kapuas Hulu yang berminat menjadi prajurit TNI dilakukan di satuan teritorial mulai dari Koramil hingga Babinsa.
 
" Kita berharap banyak putra putri dari Kapuas Hulu yang nantinya lolos menjadi prajurit TNI," kata Basyaruddin.

Baca juga: Karena kondisi, jadwal penerimaan Tamtama AD berubah
Baca juga: Kapendam Tanjungpura umumkan pendaftaran Bintara dan Tamtama dibuka gratis
Baca juga: Pelantikan 337 prajurit tantama baru
 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020