Desa Semangut Utara, Kecamatan Bunut Hulu, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ditetapkan sebagai Kampung mandiri tangguh sentarum melalui program yang di inisasi jajaran Polri di daerah tersebut.

" Penetapan kampung tangguh mandiri di Desa Semangut Utara karena desa itu dipandang mampu memenuhi kriteria sebagai kampung yang tangguh, terutama yang berkaitan dengan COVID - 19," kata Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Wedy Mahadi, saat launching Kampung mandiri tangguh Sentarum, di Desa Semangut Utata, Kecamatan Bunut Hulu, Kalimantan Barat, Selasa.

Disampaikan Wedy, Kampung mandiri tangguh didalamnya terdapat kemampuan untuk bertahan di bidang ekonomi, kesehatan dan ketahanan pangan dalam menghadapi dampak pandemi COVID - 19.

" Diharapkan kedepannya Desa Semangut Utata dapat meningkatkan kualitas desa untuk lebih berkembang dan maju," ucap Wedy.

 
Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir saat melaunching Kampung Mandiri Tangguh Sentarum di Desa Semangut Utara, Kecamatan Bunut Hulu, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Istimewa)



Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengatakan penetapan Kampung mandiri tangguh di Desa Semangut Utara karena memenuhi kriteria.

Menurut Nasir, banyak cara dalam usaha meningkatkan harkat dan martabat desa kuncinya persatuan seluruh elemen pemerintah dan masyarakat.

" Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat desa atas pencapainnaya menjadi kampung mandiri tangguh, penetapan ini memberikan tanggungjawab yang harus dipenuhi, oleh karena itu perlu adanya persatuan dan semangat gotong royong yang tinggi. Saya juga berterima kasih kepada Kapolres atas usahanya menginisiasi Desa Semangut Utara sebagai Kampung mandiri tangguh, dan Desa Semangut Utara mampu bersaing di tingkat nasional," kata Nasir.

Dalam launching Kampung mandiri tangguh Sentarum dihadiri oleh Anggota DPD RI, Erlinawati, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, Kasdim 1206 Putussibau, Letkol Inf Agus Paryanto, Kepala Kejakaaan Negeri Kapuas Hulu, Eddy Sukarman, Kasi Intel Batalyon Raider Khusus 644/Walet Sakti serta camat dan Forkopimcam Bunut Hulu.

Kampung Mandiri Tangguh Sentarum atrtinya yaitu Sehat, nyaman, sejahtera, rukun dan maju yang merupakan program Polri.

Baca juga: Bupati Kapuas Hulu: izin pertambangan kewenangan pemerintah pusat
Baca juga: Danramil Putussibau ingatkan warga tidak lakukan pembalakan liar
Baca juga: Mantan Bupati Kapuas Hulu dipidana satu tahun penjara kasus Tipikor
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020