Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menyatakan berdasarkan hasil swab laboratorium bahwa penyebab meninggalnya pasien berinisial SU (53) yang merupakan Pemimpin Cabang BRI Putussibau karena COVID-19.

"Seorang pasien berinisal SU (53) meninggal pada Rabu (21/10) sekitar pukul 00.55 WIB, telah makamkan sesuai standar protokol kesehatan dan berdasarkan hasil swab yang baru keluar Jumat (23/10) yang bersangkutan terkonfirmasi positif COVID-19," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazaruddin, dihubungi di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.

Baca juga: Pimpinan BRI Putussibau meninggal, pemakaman secara protokol kesehatan

Disampaikan Nazaruddin, pasien tersebut juga sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Diponegoro Putussibau selama tiga hari, kemudian di rujuk ke Rumah Sakit Ade Mohammad Djoen Sintang, namun dalam perjalanan meninggal dunia sekitar pukul 00.50 WIB, Rabu (21/10) dini hari. 

Menurut dia, terhadap jenazah pasien ditangani sesuai protokol kesehatan dan di makamkan di pemakaman khusus di Putussibau Selatan sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (21/10) lalu.

"Jadi pada Jumat (23/10) hasil swab pasien tersebut baru keluar dan positif terkonfirmasi COVID-19," jelas Nazaruddin.

Baca juga: BRI berikan bantuan COVID-19 melalui virtual account? Ini penjelasannya

Kemudian langkah selanjutnya yaitu telah dilakukan swab terhadap karyawan atau pegawai BRI Putussibau, namun hasil swab nya belum keluar.

Sedangkan untuk tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Diponegoro, kata Nazaruddin, khususnya di ruang IGD dan dua ruang lainnya dilakukan pengambilan sampel swab pada Jumat malam (23/10) yang pada malam itu juga akan di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Ade Mohammad Djoen Sintang.

"Sambil menunggu hasil swab tersebut maka pelayanan di IGD Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Diponegoro Putussibau di tutup," ucap Nazaruddin.

Baca juga: Kota Singkawang dapat tambahan dua kasus positif COVID-19
Baca juga: Kapolres Singkawang wajibkan personelnya terapkan protokol kesehatan

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020