Mobil dinas petugas kehutanan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Putussibau Utara wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat di duga dibakar oknum tertentu ketika melaksanakan patroli aktivitas ilegal logging di daerah Putussibau Utara daerah setempat.

" Kami sedang melaksanakan patroli ke lokasi aktivitas ilegal logging mobil kami terbakar di duga dibakar," kata Kasi Perlindungan dan pemberdayaan Masyarakat KPH Putussibau Utara, Beri Hutasoit, di lokasi kejadian Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Sabtu.

Baca juga: Satgas Pamtas amankan kayu olahan hasil ilegal logging di perbatasan
Baca juga: Tim gabungan ringkus pelaku pembalakan kayu di hutan KHDTK Untan Pontianak

Disampaikan Hutasoit, pihaknya tidak melihat pelaku pembakaran mobil dinas, karena memang sedang memeriksa aktivitas ilegal logging.

Menurut dia, mobil di parkir di tepi jalan poros Lintas Utara sedangkan pihaknya masuk lokasi ilegal logging.
 
Mobil petugas kehutanan Putussibau Utara terbakar di sekitar lokasi aktivitas ilegal logging di Kecamatan Putussibau Utara wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Sabtu (13/2/2021). (FOTO ANTARANEWS/Timotius)


"Kami temukan aktivitas ilegal logging dan sejumlah tumpukan kayu yang hendak diangkut menggunakan, namun kami tahan dan kami sempat berdebat dengan oknum aparat yang datang ke lokasi yang hendak membeli kayu," ucap Hutasoit.

Baca juga: Danramil Putussibau ingatkan warga tidak lakukan pembalakan liar
Baca juga: Kasus ilegal logging di Ketapang akan segera disidangkan

Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu AKP Rando mengatakan peristiwa kebakaran mobil dinas petugas kehutanan tersebut akan segera di selidiki.

"Kami akan melakukan olah TKP dan memintai keterangan saksi-saksi, termasuk juga kepemilikan kayu dan aktivitas ilegal logging," kata Rando.

Pantauan di lapangan ANTARA, di lokasi kejadian mobil tersebut terbakar di sebelah kanan tepi jalan, mobil itu hangus terbakar tinggal kerangka dan dipadamkan oleh pemadam kebakaran Pemkab Kapuas Hulu yang juga dibantu petugas TNI Polri dan Sat Pol PP Kapuas Hulu.



Baca juga: Police seized truck carrying rare ironwood
Baca juga: Lima WN Malaysia ditahan Satgas Pamtas
Baca juga: Dunia Akui Indonesia Perangi Ilegal Logging
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021