Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kalbar pada momen HUT ke - 22 menghadirkan pasar murah dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang didukung Dinas Ketahanan Pangan Kalbar.

"Pasar murah ini menjual segala kebutuhan masyarakat seperti beras maksimal 10 kg, gula pasir 2 kg, telur ayam 2 kg, minyak goreng 2 liter, bawang merah putih 0,5 kg, daging ayam 2 kg dan 1 kg daging kerbau,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Rabu.

Ia merinci sebanyak 1 kg beras dari harga dasar Rp9.800 menjadi Rp7.000, kemudian minyak 1 liter sebesar Rp11.500 per liter menjadi Rp8.500 per liter, dan gula menjadi Rp8.500 dari harga dasar sebesar Rp11.500.

Ia juga menjelaskan, tujuan pasar murah tersebut adalah DWP ingin membantu masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah, untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari menjelang akhir tahun, mengingat menuju akhir tahun ada kecenderungan harga bahan pokok meningkat, terutama bahan pokok berupa pangan.

"Kami juga ingin berkontribusi membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan mempromosikan hasil olahan dan keterampilan yang dilakukan para anggota DWP. Pada gilirannya nanti baik secara langsung maupun tidak langsung apabila ditiru dan dikembangkan di banyak tempat akan memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat. Ini namanya usaha ekonomi produktif yang bisa menyerap tenaga kerja sehingga ikut mengurangi pengangguran,” jelasnya.

Ia menambahkan, agar para anggota DWP khususnya dapat meningkatkan semangat, jangan pernah ada kata lelah dalam rangka membangun daerah.

“Semoga kegiatan semacam ini bisa bermanfaat dan bisa dikembangkan menuju pemberdayaan masyarakat dengan berbagai potensi yang ada,” harapnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021