Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat Edi Rusdi Kamtono menyatakan, kegiatan pemancangan tiang pertama Jembatan Paralel Kapuas I diagendakan untuk berlangsung sebelum Agustus 2022.

"Kalau tidak ada halangan, sebelum bulan Agustus tahun ini juga rencananya akan dilakukan pemancangan tiang pertama pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Senin.

Dia menjelaskan, kalau memang tahun ini mulai dilakukan pembangunan. "Insya Allah tahun depan sudah ada Jembatan Paralel Kapuas I yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memperlancar arus lalu lintas," kata Edi Rusdi Kamtono.

Baca juga: Pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I memasuki tahap lelang
Baca juga: Dewan desak pemerintah percepat pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I
Baca juga: Pemkot Pontianak tunggu keputusan pusat untuk jembatan paralel Kapuas I

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu dirinya menghadiri rapat koordinasi terkait rencana pelebaran Jalan Sultan Hamid II yang nantinya dijadikan dua jalur.

Pelebaran jalan itu juga bertujuan mengatasi masalah kepadatan lalu lintas mulai dari simpang Hotel Garuda Pontianak Selatan hingga persimpangan Jalan Gusti Situt Mahmud Pontianak Utara, katanya.

"Kita semua berharap semoga pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I beserta pelebaran Jalan Sultan Hamid II berjalan lancar sehingga masyarakat merasakan manfaatnya," ujarnya.

Selain itu, Edi juga menjelaskan progres pembangunan waterfront Kapuas Indah - Pelabuhan Seng Hie. Menurutnya, pembangunan waterfront tersebut tahun ini akan rampung.

Baca juga: Pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I semakin ada kepastian
Baca juga: Wako Pontianak siap kawal proses pembangunan Jembatan Paralel Kapuas
Baca juga: Edi Kamtono berharap pemerintah segera bangun Jembatan Paralel Kapuas

Setelah itu, ia berencana menjadikan kawasan sepanjang Jalan Sultan Muhammad sebagai kawasan kuliner yang nantinya mulai dibuka sore hingga malam.

Sebab pada pagi hingga sore, kawasan tersebut menjadi pusat aktivitas perdagangan. Sementara sore hingga malam harinya sudah lengang sehingga bisa dimanfaatkan untuk berjualan kuliner.

"Dengan demikian perekonomian masyarakat bisa bangkit kembali dengan banyaknya peluang mereka untuk memperoleh pendapatan dari berjualan kuliner," kata Wali Kota Pontianak.

Baca juga: Jalan Jembatan Paralel Landak retak, Pemkot minta perbaikan segera

Sebelumnya Wali Kota Pontianak, di Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I akan dimulai tahun 2022 sedangkan tahap lelang dilaksanakan pada Desember 2021.

"Rencana pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I sudah ada titik terang. Dari informasi terbaru yang saya dapat dari pusat bahwa lelang atau tender proyek pembangunan tersebut akan mulai dilaksanakan Desember 2021," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa.

Artinya, menurut dia sudah ada kepastian jembatan itu dibangun dan pembangunan konstruksinya akan dimulai tahun 2022 mendatang.

Dia berharap rencana pembangunan jembatan yang sangat dinantikan masyarakat guna mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sana berjalan lancar dan segera difungsikan. Oleh sebab itu, dirinya secara khusus mengawal proses rencana pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I dengan terus berkoordinasi kepada Ketua dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI untuk ikut mendukung pembangunan ini.  Baca selengkapnya: Wali Kota Pontianak : Pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I dimulai 2022

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022