Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan berkomitmen untuk menyasar pekerja rentan agar ikut dan terlindungi dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan BPJAMSOSTEK.

"Pemkab Kubu Raya akan memperkuat kepesertaan BPJAMSOSTEK agar pekerja di daerah ini terlindungi termasuk pekerja rentan hingga di desa," ujarnya saat menyerahkan santunan secara simbolis di Kantor Bupati Kubu Raya, Senin.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya lindungi pekerja rentan melalui dana APBD
Baca juga: Kubu Raya dan BPJAMSOSTEK perluas jaminan perlindungan bagi pekerja sosial
Baca juga: Jaminan Hari Tua bukan tabungan biasa
Baca juga: BPJAMSOSTEK lindungi pekerja konstruksi di kegiatan APBD Kalbar

Ia menjelaskan bahwa komitmen dan dorongan pemerintah daerah agar terlindungi dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan beralasan karena memberikan dampak yang luas bagi, pekerja, ahli waris dan keluarga.

"Untuk itu, pekerja di daerah ini terus dimaksimalkan agar terlindungi. Manfaat sudah sangat luar biasa contohnya yang saat ini kami serahkan kepada ahli waris," ucap dia.

Sementara itu, Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Kalimantan Rini Suryani mengatakan bahwa adanya program BPJAMSOSTEK untuk perlindungan terhadap pekerja sebagai bentuk hadirnya negara. Untuk itu lah, para pekerja baik penerima upah dan bukan penerima upah di Kalbar harus terlindungi untuk menjamin kesejahteraan pekerja itu sendiri.

Baca juga: BP Jamsostek Pontianak : Perubahan aturan JHT untuk jamin kesejahteraan pekerja
Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan sampaikan berbagai keuntungan menjadi peserta
Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan: 52 desa di Kapuas Hulu belum ikut Jamsostek
Baca juga: Karyawan hotel di Lombok Utara tewas kesetrum tidak terdaftar Jamsostek


"Manfaat dari peserta BPJAMSOSTEK ini luar biasa. Iuran minim namun jaminan maksimal. Jika pekerja mengalami musibah seperti kecelakaan maka negara hadir untuk memberikan bantuan santunan perawatan hingga sembuh tanpa batas jumlah. Kemudian ada juga santunan kematian sebesar Rp42 juta bagi ahli waris dan beasiswa serta lainnya," jelas Rini.

Sementara itu, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Pontianak, Ryan Gustaviana mengatakan pihaknya terus memaksimalkan kepesertaan. Sehingga memberikan dampak yang luas bagi pekerja.

Baca juga: BPJAMSOSTEK siapkan 4.000 Dosis Vaksin Untuk Pekerja di Pontianak
Baca juga: BP Jamsostek gelar vaksinasi di Kalbar sasar 2.000 peserta dosis pertama
Baca juga: BPJAMSOSTEK gelar sosialisasi program jaminan kehilangan pekerjaan

"Kepesertaan dari program yang ada terus dimaksimalkan. Sehingga para pekerja terlindungi. Dengan begitu bisa meningkatkan kesejahteraan para pekerja dan keluarganya," ucap dia.

Ahli Waris Bukhori yang menerima santunan yang diserahkan Bupati Kubu Raya mengaku bersyukur ada jaminan berupa santunan.

"Santunan ini untuk melanjutkan pendidikan anak dan saya janji agar mereka bisa menyelesaikan pendidikannya. Untuk urusan maka saya bisa kalau pendidikan itu yang berat namun adanya santunan ini sangat membantu," ucap dia.

Baca juga: Program subsidi gaji, BP JAMSOSTEK Palangka Raya validasi data
Baca juga: BPJAMSOSTEK bantu lindungi 8.000 relawan penanggulangan corona
Baca juga: BP Jamsostek Kapuas Hulu datangi gedung Dewan
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022