Jajaran Satuan Lalu Lintas Polresta Pontianak, Kalimantan Barat meningkatkan patroli malam hari pada sejumlah lokasi yang dijadikan balap liar oleh para pemuda yang beberapa saat lalu viral di media sosial, yakni di sekitaran Jalan Ahmad Yani Pontianak.

"Patroli ditingkatkan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas yang meresahkan masyarakat, salah satunya balapan liar," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pontianak, Kompol Aulia Hadiputra di Pontianak, Selasa.

Baca juga: Polisi tertibkan balap liar terhadap sejumlah pemuda di Putussibau
Baca juga: Polisi amankan 40 kendaraan pelaku balapan liar di Singkawang
Baca juga: Polres Singkawang Galakkan Patroli Antisipasi Balap Liar

Dia menjelaskan, pihaknya dalam beberapa malam terakhir telah menurunkan sejumlah personelnya untuk melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan dan "Patroli Blue Light" di sekitaran jalan protokol seperti di Jalan Ahmad Yani, Bundaran Digulis Untan Pontianak, Jalan Gajahmada, Jalan Tanjungpura

"Karena di lokasi itu dari laporan yang kami terima sering dijadikan tempat balap liar sehingga sangat meresahkan pengendara bermotor dan masyarakat sekitar," ujarnya.

Baca juga: Geng motor serang polisi saat bubarkan balap liar
Baca juga: Satlantas Singkawang amankan belasan pemuda yang akan balap liar
Baca juga: Enam pemuda terjaring aksi balap liar di Singkawang

Personel Satlantas Polresta Pontianak juga mendatangi beberapa tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda dalam upaya pencegahan agar balap liar tidak terjadi di daerah tersebut.

Ia menambahkan untuk mengantisipasi kegiatan balapan liar, pihaknya akan selalu meningkatkan aktifitas patroli ke tempat yang sering digunakan untuk balapan liar tersebut.

"Kegiatan tersebut merupakan upaya pihak kepolisian untuk mengimbau kepada kalangan muda untuk tidak melakukan balap liar karena dapat membahayakan pengguna jalan umum," ujarnya.

Baca juga: Balapan liar resahkan warga Makassar
Baca juga: Polisi razia rutin balapan liar selama Ramadhan di SIngkawang
Baca juga: Balap liar jelas melanggar aturan lalu lintas

Pihak Polresta Pontianak khususnya Satlantas mengharapkan kesadaran dari beberapa oknum pemuda yang melakukan aksi balap liar sadar, betapa berbahaya dan berisiko, dan juga sangat merugikan orang lain bahkan diri sendiri dengan apa yang dilakukan tersebut, katanya.

"Kami akan menindak tegas bagi siapapun yang masih melakukan balapan liar di jalan-jalan umum yang ada di Kota Pontianak," ujarnya.

Baca juga: Polres Singkawang Galakkan Patroli Antisipasi Balap Liar
Baca juga: Polres Singkawang Amankan Tujuh Motor Balap Liar
Baca juga: Polres Sekadau Amankan Pelajar Pelaku Balap Liar
Baca juga: Patroli sinergitas TNI - Polri sasar lokasi rentan konflik

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022