Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar konsultasi publik dalam rangka perencanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025 sampai dengan 2045.

"Konsultasi publik itu untuk menjaring aspirasi tahap awal perencanaan prioritas dan sasaran pembangunan jangka panjang," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kapuas Hulu Ambrosius Sadau, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Sadau, poin utama yang dibahas dalam konsultasi publik yaitu draf rancangan awal RPJPD yang akan menjadi penyempurnaan dalam penyusunan akhir.

Oleh sebab itu, perlunya saran dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan dalam penyusunan RPJPD Kapuas Hulu Tahun 2025-2045.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengatakan konsultasi publik dalam penyusunan rencana RPJPD memiliki nilai strategis untuk menjaring aspirasi semua pihak dalam rangka penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan akhir RPJPD.

Wahyudi menekankan yang perlu menjadi perhatian yaitu penajaman visi dan misi serta sasaran pembangunan daerah jangka panjang.

Ia juga mengharapkan agar dalam penyusunan rancangan RPJPD tersebut ada indikator dan evaluasi untuk menentukan prioritas rencana pembangunan.

"Perlu komitmen kita bersama dalam melaksanakan pembangunan dengan mempedomani terhadap RPJPD untuk pembangunan 20 tahun ke depannya," kata Wahyudi.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023