Kantor Bank Indonesia Wilayah Kalimantan Barat meningkatkan sinergi antarinstansi pemerintah dan perbankan  setempat untuk meningembangkan pemasaran produk UMKM lokal melalui kegiatan Omega Khatulistiwa.

"Acara Omega Khatulistiwa  ini merupakan rangkaian dari acara puncak Saprahan Khatulistiwa. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antarinstansi Pemerintah dan insan perbankan di Kalimantan Barat dalam pengembangan produk UMKM," kata Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Kalimantan Barat, Nur Asyura Anggini di Pontianak, Minggu.

Dia menambahkan, perbankan dan pemerintah memiliki peran penting dalam mengembangkan produk UMKM. Sinergi antara kedua pihak dapat membantu UMKM dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan, mengakses pasar dan jaringan bisnis, dan meningkatkan daya saing produk.

"Melalui kegiatan ini, kami berupaya meningkatkan sinergi antara pemerintah dan perbankan, agar bisa memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan perekonomian daerah," tuturnya.

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengatakan, pihaknya menyambut baik acara yang digelar Bank Indonesia tersebut karena antusiasme dan kegembiraan yang terlihat di tengah masyarakat yang mengikuti kegiatan Omega Khatulistiwa tersebut.

Selain itu, ia berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat  akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kalbar dengan optimalisasi peran UMKM dan juga sektor pariwisata dan keuangan di Kalbar.

"InsyaAllah sinergi dan kolaborasi yang terjalin dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi, percepatan pembangunan daerah serta kesejahteraan seluruh masyarakat," harap Harisson.

Omega Khatulistiwa tersebut juga diikuti oleh jajaran Forkopimda Kalimantan Barat bertempat di Pontianak Convention Center (PCC), Minggu.

Kegiatan ini yang  juga diikuti ratusan peserta baik dari jajaran instansi pemerintah  serta insan lerbankan Kalimantan Barat dan juga kalangan masyarakat umum tersebut diawali dengan jalan santai, kemudian dilanjutkan dengan senam zumba bersama dan diakhiri penyerahan hadiah doorprize kepada para pemenang.

Dengan menggunakan pakaian olahraga bernuansa putih, rombongan memulai jalan santai dari Halaman PCC menuju Jl. Sultan Abdurrahman, setelah itu melewati Jl. Ismail Marzuki, Lalu tembus ke Jl. Ahmad Yani dan kembali ke PCC.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024