Koordinator Divisi SDMO dan Diklat Bawaslu Kota Pontianak, Kalimantan Barat Isfiansyah mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah membuka rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan dibutuhkan 18 orang untuk Pilkada 2024.

"Rekrutmen Panwascam dibuka sejak 23 April hingga 02 Mei 2024. Kita ada enam di Kota Pontianak dan dibutuhkan tiga orang di setiap kecamatan. Jadi total dibutuhkan 18 orang," ujarnya di Pontianak, Kamis.

Menurutnya saat ini pihaknya sudah mulai melaksanakan proses pembentukan pengawas di kecamatan sesuai dengan pedoman pelaksanaan pembentukan panwascam dari Bawaslu RI.

"Kita akan melakukan dua tahapan nanti. Tahapan saat ini adalah tahapan proses penerimaan dan verifikasi berkas untuk anggota panwaslu kecamatan yang existing, mengevaluasi terhadap panwaslu kecamatan existing yang ada pada pemilu lalu," tuturnya.

Pihaknya akan dilakukan evaluasi terhadap kinerja dan akan ada evaluasi terhadap tanggapan masyarakat terkait dengan apakah ada masukan terhadap kinerja panwaslu existing di Pemilu 2024.

Setelah proses evaluasi tahap pertama selesai baru akan dibuka tahap kedua untuk pendaftar baru.

"Nanti setelah evaluasi tahap pertama dilaksanakan akan ada lagi proses rekrutmen bagi pendaftar baru apabila hasil evaluasi itu ada syarat-syarat yang tidak terpenuhi oleh rekan yang axisting," katanya.

Ia menambahkan dari 16-29 April 2024 pihaknya sedang melaksanakan proses sosialisasi terkait tata cara pembentukan panwaslu kecamatan untuk pemilihan.

"Dari sosialisasi ini, sambil berjalan juga dilakukan proses keterpenuhan syarat panwaslu kecamatan axisting juga untuk pemilihan," katanya.

Terkait proses rekrutmen, Isfiansyah mengatakan bahwa jadwal sudah diumumkan di media sosial dan website bawaslu.

"Yang pastinya kita akan secara terbuka melaksanakan proses pembentukan panitia pemilu ini, sesuai dengan petunjuk teknis yang diberikan Bawaslu RI," kata dia.



Baca juga: Batalyon 642/Kapuas siap bertugas di Papua Barat mengamankan perbatasan

Baca juga: Asmo Kalbar dan Auto 2000 sinergi #Cari_aman

Pewarta: Dedi dan Anti Juniarti

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024