Minggu, 22 Oktober 2017

Kapuas Hulu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM

id umkm, putussibau, pmdn, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kapuas Hulu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui UMKM
Pembukaan kegiatan Fasilitasi Kemitraan UMKM dengan PMA/PMDN Skala Besar oleh Asisten I Setda Kapuas Hulu. Foto Antara Kalbar/Timotius
Kita mendorong tumbuhnya kemitrausahaan antara pelaku UMKM dengan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) berskala besar
Putussibau  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mendorong pertumbuhan ekonomi dengan melaksanakan kegiatan fasilitasi kemitraan skala besar.

"Kita mendorong tumbuhnya kemitrausahaan antara pelaku UMKM dengan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) berskala besar," kata Ketua Panitia Pelaksana Etty Pujiastuti di Aula Kantor Bupati Kapuas Hulu di Putussibau, Kapuas Hulu, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan itu untuk melakukan pembinaan sekaligus menumbuhkembangkan potensi UMKM agar mampu berperan dalam pembangunan daerah.

Selain itu, kata Etty, untuk menambah pengetahuan para pelaku UMKM dalam mengakses modal dan pasar potensial, kemudian mengefektifkan penyaluran dana pembinaan oleh perusahaan PMA dan PMDN, selanjutnya mewujudkan UMKM yang tangguh dan mandiri, mewujudkan hubungan kemitraan antara PMA dan PMDN skala besar.

"Dengan demikian diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan pekerjaan dan perluasan usaha," kata Etty.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Pemda Kapuas Hulu, Fran Leonardus mengatakan UMKM adalah penopang perekonomian, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Leonardus, pelaku UMKM diharapkan dapat memperluas kesempatan kerja dan berusaha, sehingga terwujudnya pemerataan dan pendapatan.

"Kegiatan itu merupakan sarana komunikasi antara Pemda dan Pelaku usaha di Kapuas Hulu, sehingga terjalin hubungan yang baik dan saling mendukung dalam rangka membangun Kapuas Hulu," harap Leonardus.

Tidak hanya itu, Leonardus juga berharap agar para pelaku usaha mampu bersaing menghadapi perkembangan sosial di masyarakat.
(T.KR-TFT/R010)

Editor: Andilala

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0139 seconds memory usage: 0.45 MB