Bengkayang (Antara) - Satgas Pangan Kabupaten Bengkayang yang terdiri dari Polres, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Bengkayang, Dinas Pangan Pertanian dan Peternakan Bengkayang dan Dinas Kesehatan Kalbar mengelar operasi pasar menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah yang sebentar lagi tiba.

"Operasi pasar dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga yang membebani masyarakat jelang perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah," ujar Kabag Ops Polres Bengkayang, Kompol Paino saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menambahkan dengan operasi pasar tersebut juga untuk mencegah penimbunan yang dilakukan oleh agen barang sembako dengan dalih untuk meraup keuntungan.

"Dengan operasi juga bentuk kita untuk mengantisipasi beredarnya beberapa barang tak layak konsumsi karena kadaluarsa dan ilegal," kata dia.

Ia menjelaskan operasi yang dilakukan sebagaimana juga satu di antara bagian dari perintah Kapolri bahwa stabilitas harga pangan harus tetap terjaga dan kendali.

"Kegiatan operasi kali ini dengan sasaran makanan kadaluwarsa dan sembako yang beredar di pasar tradisional, supermarket indomaret, supermarket dan gudang- gudang seperti gudang elpiji," paparnya.

Ia menyebutkan dari hasil selama operasi tidak ditemukan barang yang kadaluwarsa ataupun barang - barang tersebut sudah melalui pengecekan Balai POM dan harga sembako di pasaran relatif stabil serta stok cukup untuk persediaan menjelang lebaran.

"Kami bersyukur ternyata warga Bengkayang sudah patuh. Sehingga tidak ada terjadi penimbunan, kelangkaan gas elpiji, stok sembako cukup dan mudah," kata dia.

(KR-DDI/B008)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017