Pontianak (Antaranews Kalbar) - BPJS Kesehatan Kota Singkawang memperkenalkan sejumlah fitur baru guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan JKN-KIS.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Singkawang, Oktario Pratama di Singkawang, Jumat mengatakan, salah satu fitur yang ditawarkan adalah Aplikasi Mobile JKN melalui ponsel android.

"Dalam mensukseskan sosialisasi mobile JKN kepada masyarakat tersebut BPJS Kesehatan Singkawang telah melakukan sosialiasi Mobile JKN kepada Kader JKN di wilayah Singkawang, Sambas dan Bengkayang (Sing Bebas)," kata Oktario.

Kader JKN, katanya, merupakan mitra kerja dan perpanjangan tangan untuk membantu BPJS Kesehatan dalam mengingatkan peserta sekaligus melakukan pengumpulan iuran dari peserta demi keberlangsungan program JKN-KIS.

"Dengan adanya peran kader JKN untuk ikut mensosialisasikan aplikasi ini diharapkan dapat semakin banyak masyarakat mengetahui dan segera menggunakan aplikasi mobile JKN ini," ujarnya.

Baca juga: Legislator Singkawang imbau warga daftar JKN -KIS
Baca juga: BPJS Kesehatan Singkawang tingkatkan kepesertaan melalui kerja sama
Baca juga: BPJS Kesehatan Singkawang: 559.449 Jiwa Terdaftar JKN-KIS

Dia menambahkan, BPJS Kesehatan akan terus berinovasi untuk memudahkan peserta JKN-KIS dalam mendapatkan informasi serta menggunakan berbagai fitur kepesertaan kapanpun dan dimanapun tanpa harus datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

"Bahkan sekarang bisa menggunakan aplikasi mobile JKN untuk ke faskes jika lupa membawa kartu JKN," ungkapnya.

Peserta pun, katanya, sudah dapat menunjukan aplikasi mobile JKN-nya saat pelayanan di faskes apabila lupa kartu JKN dan dapat melihat data kepesertaannya dengan detail bahkan dapat melihat langung rincian pembayarannya.

"Hal tersebut merupakan bukti komitmen BPJS kesehatan dalam hal kemudahan dan transparansi data kepada peserta," tuturnya.

Sementara salah satu Kader JKN wilayah Singkawang, Irma Lestari mengatakan, fitur yang diberikan oleh aplikasi Mobile JKN sangat mendukung kemudahan baik peserta maupun kegiatan mereka. Mulai dari pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS, cek data dan ubah data pribadi, perubahan fasilitas kesehatan, cek jumlah tagihan iuran peserta, cek lokasi fasilitas kesehatan terdekat, sampai pengaduan keluhan dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

"Jadi aplikasi ini sudah sangat mendukung, tentunya kami sangat siap ikut mensosialisasikan aplikasi Mobile JKN ini kepada peserta," katanya.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018