Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kodim 1202 Singkawang turut andil dalam membersihkan material di rumah warga terdampak longsor yang melanda Desa Sungkung II, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Komandan Kodim 1202 Singkawang, Letkol Inf Abdul Rahman di Sambas, Minggu, mengatakan situasi terkini di lokasi bencana longsor di Dusun Medeng Desa Sungkung II tersebut sedang dalam proses pemulihan.

"Sejak kemarin anggota TNI sudah membantu masyarakat membersihkan sisa-sisa bangunan yang rusak akibat longsor," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya berserta Yonif 642/Kapuas, Satgas Pamtas Yonif 511/Dibyatara Yudha beserta masyarakat melaksanakan kerja bakti, gotong royong membersihkan rumah yang roboh.

"Anggota TNI saat ini dan berjaga sambil membantu apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat," ujar dia.

Abdulrahman menambahkan bahwa bantuan logistik berupa makanan, pakaian, obat-obatan dan lain-lain sudah disalurkan.

"Hampir seratus orang yang awalnya mengungsi di gereja sudah mulai berpindah ke rumah keluarga. Jadi, ada sekitar sembilan puluhan orang yang diungsikan, yang awalnya mengungsi digereja juga sudah ada yang berpindah ke rumah keluarga dan kerabat," tambahnya.

Sementara itu menurutnya bahwa Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot sudah datang meninjau ke lokasi dan memberikan bantuan.

"Anggota TNI bekerja sama membantu mengangkut logistik yang dibawa hari ini dalam pendistribusiannya," kata dia.

Terjadinya longsor di Dusun Mendeng, Desa Sungkung II tersebut dikarenakan hujan deras yang melanda daerah itu. Dengan daerah yang perbukitan tersebut, potensi longsor juga besar.

Longsor yang terjadi pada Kamis (31/1) malam pukul 21.30 WIB tersebut menelan korban. Sebanyak tiga warga dikabarkan meninggal dunia dan belasan rumah terdampak longsor.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019