Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menegasakan bahwa pihaknya akan terus fokus pada pembangunan di semua sektor, termasuk pembangunan perekonomian masyarakat dari sektor industri kreatif.

"Membangun ekonomi kreatif salah satunya adalah dari sektor pariwisata. Sebab keduanya sangat seiring sejalan, dimana destinasi wisata terbangun dengan baik, mudah diakses maka akan tumbuh industri ekonomi kreatif di daerah tersebut," kata Sujiwo di Sungai Raya, Kamis.

Dikatakan Sujiwo, pembangunan ekonomi kreatif memerlukan dukungan dari semua pihak, lintas sektor dan lintas instansi.

Baca juga: Bupati Muda siap perbaiki sistem pemerintahan Kubu Raya

Untuk itu, sinergi tersebut nantinya akan mampu menggairahkan kembali dan menumbuhkan kemabali semangat industry kreatif agar kembali jaya. Sehingga masyarakat yang berkecumpung dalam industry kraetif kembali hidup ekonominya.

Dikatakan Sujiwo, ada beberapa cara untuk menghidupak kembali industry kreatif diantaranya adalah dengan seni dan budaya.

"Salah satu caranya adalah dengan menghidupak seni dan budaya yang ada dimasyarakat. Seni dan budaya yang kita miliki sangat banyak dan sangat kaya, tinggal sekarang bagaiman kita membuat kemasan yang bagus dan menarik, mengolahnya menjadi sebuah pertunjukan yang menarik masyarakat untuk menyaksikan. Mempromosikan dan menyajikannya semenarik dan sekreatif mungkin," katanya.

Baca juga: Rusman Ali pastikan rampungkan pembangunan kantor OPD

Sujiwo menjelaskan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari ekonomi kreatif adalah pertunjukan seni dan budaya. Pertunjukan seni dan budaya apabila dikemas dengan baik akan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Mantan Ketua DPRD Kubu Raya ini berharap agar peserta pelatihan Tari Harmoni Kubu Raya dan Joget Pesona Kubu Raya mampu menjadi bagian penting dari pengembangan indusrtri tersebut.

Dengan menjadi duta dan mempromosikan kepada masyarakat. Sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui potensi tersebut.

Baca juga: Rusman Ali - Hermanus berpamitan

"Kita harus melakukan gerakan yang massif untuk mempromosikan ini, sehingga ini nantinya akan menjadi sebuah crikhas daerah kita. Bila perlu bisa kita lakukan secara massal," tuturnya.

Dia yakin, jika itu dilakukan pertunjukan seni dan budaya seperti ini secara massal akan banyak warga yang dapat kesempatan untuk menggairahkan ekonominya, ujar Sujiwo.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019