Sebayak 18 juri lomba menulis surat kepada Bupati Kubu Raya dan membacakannya saat ini melakukan penilaian terhadap 1.803 surat-video yang dikirim oleh para peserta lomba.

"Jadi, saat ini kita masih melakukan proses penilaian dari setiap surat yang masuk. Banyaknya peserta yang mengikuti lomba ini mengharuskan para juri untuk bekerja ekstra untuk memilih calon juara dari lomba ini," kata Yuliastuti, Koordinator juri lomba menulis dan membacakan surat kepada Bupati Kubu Raya, di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, 1803 surat-video peserta yang mengirim karyanya kepada panitia dibagi menjadi 5 kategori peserta lomba. Untuk kategori SD/MI Kelas 1- 3  : 230 Orang, SD/MI  Kls 4-6 : 506 Orang, SMP/MTs : 1007Orang, SMA Sederajat : 60 orang. 

Selanjutnya, semua karya yang masuk akan dikumpulkan oleh panitia dilakukan tahapan penilaian dan penjurian. Masing-masing kategori akan dinilai oleh dewan juri yang berbeda. 

"Agar maksimal melihat indikator-indikator penilaian serta sudut pandang dari setiap surat dan video. Sehingga panitia memberi kepastian bahwa setiap surat-video secara mendetail dilihat, diperhatikan dan dinilai oleh para juri yang sangat berkompeten," tuturnya.

Pada penilaian tahap pertama, katanya, tim juri akan memilih 40 besar dari masing-masing kategori SD/MI Kelas 1- 3, SD/MI  Kls 4-6, serta SMA sederajat dan 50 besar untuk kategori  SMP/MTs. Dari surat dan video yang lolos penilaian tahap pertama kemudian dilakukan lagi penilaian tahap kedua. Untuk dipilih dan diseleksi menjadi 25 besar.

Ada 11 hal kriteria yang dipertimbangkan para juri dalam menilai surat-video dari para siswa. Masing-masing diberi skor dengan bobot yang proporsional pada setiap kriteria. 

Enam kriteria penilaian masuk kedalam penulisan naskah surat, seperti kesesuaian tema  dengan bobot nilai di 20 hingga 200, isi (ide-gagasan-saran-solusi mencegah/terhindar dari covid 19 (25-250), keaslian ide-gagasan-saran-solusi (25-250), kesesuaian format surat dan kerapian (10-100), ketepatan penggunaan pilihan kata/diksi (10-100), penggunaan tata tulis /PUEBI (10-100).

Lima kriteria masuk ke dalam aspek pembacaan surat melalui video. Meliputi artikulasi kejelasan pengucapan dan suara (35-350), intonasi/ jeda pembacaan  (25-250), mimik muka dan bahasa tubuh/gesture (20-200), jarak pengambilan gambar video/physical distancing (10-100), kesesuaian  pakaian, latar  gambar dan pakaian dan tempat pembacaan (10-100).

Setelah seluruh tahapan selesai, pengumuman pemenang 1,2,3 serta harapan 1,2,3 akan diumumkan pada hari Selasa, 2 Juni 2020. Menyusul kemudian  akan dilakukan tele conference antara Bupati Kubu Raya, H Muda Mahendrawan dengan seluruh pemenang. 

"Selain itu juga  dari surat-video yang masuk akan dipilih surat-video favorit pilihan Bupati serta surat-video yang unik. Pengumuman pemenang akan dilakukan melalui media massa, surat pemberitahuan, video dari panitia, serta media sosial," kata Indah. 
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020