Wakil Bupati Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Sujiwo meminta masyarakat untuk kembali meningkatkan semangat gotong royong, khususnya dalam memperbaiki infrastruktur jalan secara mandiri.

"Dengan terbatasnya dana pemerintah, tentu akan lama sekali menunggu perbaikan jalan yang rusak. Untuk itu, semangat gotong royong harus kita tingkatkan lagi, kalau ada jalan berlubang sedikit, saya rasa dengan gotong royong masyarakat bisa bersama-sama memperbaikinya," kata Sujiwo di Sungai Raya, Jumat.

Baca juga: Perusahaan Perkebunan di Kubu Raya perbaiki jalan Rasau Jaya

Baca juga: Masyarakat Batu Ampar minta perbaikan jalan dan jaringan telekomunikasi

Hal tersebut disampaikan Sujiwo khususnya masyarakat Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya untuk menjaga dan merawat jalan yang telah dibangun oleh TNI melalui program TNI Manunggal Membangun Desa ke 113 tahun anggaran 2022 TMMD. 

"Saya berpesan kepada masyarakat, jaga dan rawat jalan yang telah dibangun ini, dengan adanya TMMD ini masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tentu sangat terbantu," tuturnya.

Menurutnya, untuk menjaga dan merawat seluruh jalan yang telah dibangun, peduli terhadap kondisi jalan, dengan terus menumbuhkan semangat gotong royong. 

Baca juga: Masyarakat Haji Muksin Minta Perbaikan Jalan Segera

Baca juga: Masyarakat Kakap Sayangkan Perbaikan Jalan Lamban Dikerjakan

"Jika ada lubang kecil-kecil bisa patungan untuk memperbaikinya, terus tumbuh kembangkan semangat gotong royongnya, sambil menunggu kucuran anggaran dari pemerintah," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Sujiwo menyampaikan, atas nama Pemkab Kubu Raya dan masyarakat, Wabup Sujiwo mengucapkan terima kasih kepada Kodam XII Tanjungpura khususnya Kodim 1207/BS yang telah bekerja keras untuk membangun jalan di Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya melalui Program TMMD ke 113. 

"Jika kita lihat pekerjaannya cukup baik, jalan ini memang sangat dibutuhkan masyarakat," katanya.

Baca juga: Perbaikan Jalan Sungai Kakap Dianggarkan Rp5 Miliar

Baca juga: Warga Kubu Raya Sambut Positif Perbaikan Jalan Desa

Sujiwo berharap kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan TNI terus terbangun, agar program TMMD ini bisa terus berlangsung setiap tahunnya, terlebih program TMMD ini lebih efisien.

 "Yang lebih terpenting dari program TMMD ini, menyatunya semangat TNI dengan rakyat, antara TNI dengan masyarakat saling membaur," katanya.

Sementara itu, Dandim 1207/BS Kolonel ARH Hendra Roza mengungkapkan Program TMMD ke 113 tahun anggaran 2022 terselesaikan lebih cepat dari target yang ditentukan selama satu bulan. Selama pelaksanaan TMMD, masyarakat dengan TNI membaur bahkan masyarakat turut membantu hingga malam hari. 

"Seharusnya terselesaikan 1 bulan, namun bisa terselesaikan lebih singkat lagi," kata Dandim Hendra. 

Baca juga: Pembangunan TMMD itu bagaikan malaikat wujudkan sarana jalan di Parit Abak

Hendra menceritakan, pada pelaksanaan TMMD di Desa Durian ini antara TNI dengan masyarakat sangat membaur, selain membantu dalam pengerjaan pembangunan jalan, masyarakat dan TNI juga makan bersama-sama di rumah-rumah warga setempat.

"Kami memasak dan menyiapkan makanan di rumah-rumah warga, setelah capek bekerja TNI dengan warga makan bersama," kata Dandim Hendra. 

Ia menjelaskan, pihaknya berupaya agar hasil pembangunan jalan yang dibangun melalui program TMMD di Desa Durian ini maksimal, sesuai dengan keinginan pemerintah dan masyarakat. Jalan ini sepanjang 1,2 km, lebar 3 m, dan ketinggian 15 cm. 

"Sebelum pelaksanaan TMMD, kondisi jalan ini sangat memprihatinkan, begitu hujan masyarakat setempat sangat kesusahan, karenanya, dengan telah diperbaikinya jalan ini, diharapkan aktivitas masyarakat kembali lancar," katanya.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022