Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan mengatakan, perayaan HUT ke-15 Kubu Raya tahun ini menjadi momentum untuk memperkuat keberagaman antar umat, etnis dan budaya di kabupaten itu.

"Dengan keberagaman yang ada di Kubu Raya, ini menjadi modal besar bagi kita untuk bersama-sama membangun kabupaten ini. Kita mengajak semua komponen masyarakat yang multikultural untuk bersama-sama bangkit menanjakkan kebahagiaan masyarakat Kubu Raya," kata Muda pada peringatan HUT ke-15 Kabupaten Kubu Raya di Sungai Raya, Minggu.

Baca juga: Sutarmidji apresiasi capaian IPM Kabupaten Kubu Raya
Baca juga: Kubu Raya siap gelar Festival Kreasi Sampan Menanjak
Baca juga: Dubes Kanada untuk Indonesia ikut Joget Harmoni di Kubu Raya

Menurutnya, dengan memperkuat keberagaman ini, justru akan menjadi perekat dan dengan cara itu pula semuanya bisa fokus serta bisa memperkuat Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pertumbuhan ekonomi dan yang pasti upaya-upaya mengurangi kemiskinan dan pengangguran biar lebih produktif dengan nafas inovasi.

Bupati Muda menuturkan, dengan mengusung tema ‘Dengan Semangat Kepong Bakol, Kubu Raya semakin Inovatif dan Produktif demi mengejar kebahagiaan rakyat", itu menjadi semangat bagi Kubu Raya agar tidak ada lagi yang ditinggalkan sehingga semuanya bisa terlibat dan partisipatif.

Baca juga: Bupati Muda ajak pegawai Kubu Raya terus berinovasi layani masyarakat
Baca juga: Wabup Sujiwo ajak ASN Kubu Raya rutin lakukan donor darah
Baca juga: HUT Sambas momentum bagi pemuda cinta daerah

Menurut Bupati Muda, Kemerdekaan Republik Indonesia bukanlah sekedar warisan dari para pejuang, tapi menjadi tanggung jawab semuanya sebagai generasi saat ini, sama halnya dengan Kubu Raya bukan sekedar hanya dibentuk tapi bagian dari tanggung jawab semuanya.

Ia menjelaskan, bonus demografi yang saat ini sedang dihadapi menjadi tantangan terbesar, yang mana pertambahan penduduk Kubu Raya 1,88 persen dengan jumlah penduduk 610.326 jiwa dan 181 ribu rumah tangga yang diperjuangkan kecukupan pangan, gizi, dan pendidikannya.

Baca juga: Rumah Pintar Punggur Cerdas gelar upacara kemerdekaan RI di kebun langsat
Baca juga: Bupati Muda serahkan sembako untuk masyarakat dan panti asuhan
Baca juga: Pemkab Kubu Raya terus lestarikan tradisi makan saprahan

Bupati Muda menyampaikan, di tengah dinamika yang ada, niat dan ikhtiar untuk membangun daerah harus terjaga sebab tugas berat telah menanti, yakni bagaimana mengurangi dan mencegah kemiskinan di Kubu Raya.

Muda mengatakan di usia ke-15 tahun, sejumlah capaian telah diraih Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, antara lain terobosan-terobosan di sektor pelayanan terpadu, kesehatan, pendidikan, pemerintahan desa, pertanian perkebunan, dan pelayanan langsung. Sehingga daerah ini selalu menjadi daerah percontohan.

"Pemimpin itu harus menggerakkan semua komponen termasuk desa-desa dan masyarakat. Kalau kita bisa menggerakkan partisipasi, barulah pembangunan akan cepat," kata Muda.

Baca juga: Baitulmaal Munzalan Indonesia berikan hadiah santri Kubu Raya saat HUT RI
Baca juga: Sutarmidji apresiasi percepatan desa mandiri di Kubu Raya
Baca juga: HUT Bhayangkara, Polres Kubu Raya komitmen tingkatkan rasa aman masyarakat
Baca juga: Kubu Raya gelar Pekan Seni dan Budaya

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022