Pemerintah Kabupaten Kubu Raya di Provinsi Kalimantan Barat akan membangun tugu Sampan Menanjak di bundaran Bandara Supadio.

"Kita sudah buat desainnya dan akan segera melakukan pembangunan di kawasan bundaran Bandara Supadio," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Kubu Raya Amini Maros di Sungai Raya, Senin.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya di minta segera bangun tugu Sampan Menanjak
Baca juga: Di Harganas, Kalbar tampilkan miniatur Tugu Khatulistiwa
Baca juga: Kubu Raya siap gelar Festival Kreasi Sampan Menanjak

Menurut dia, pemerintah daerah berencana memulai pembangunan tugu Sampan Menanjak di bundaran Bandara Internasional Supadio tahun 2023.

"Kami sudah mendesain seperti apa format yang cocok dan rencananya kami juga akan membuat sayembara desain Sampan Menanjak ke 118 desa," katanya.

Baca juga: Dongeng yang mengukir senyum anak di "Bumi Menanjak"
Baca juga: Pasar Menanjak Kubu Raya maksimalkan pemasaran hasil bumi
Baca juga: Saat Menteri Desa ajak aplikasikan Salam Menanjak

"Karena kalau kita melihat hasil kreasi masyarakat di 70 desa yang ikut perlombaan Fesra (Festival Kreasi) Sampan Menanjak itu semuanya unik dan sangat menarik. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya instansi yang ingin membeli dan memiliki Sampan Menanjak itu," ia menambahkan.

Amini mengemukakan bahwa tugu Sampan Menanjak akan didesain sedemikian rupa sehingga bisa mewakili enam etnis yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Baca juga: Angkasa Pura Segera Bangun Bundaran di Kawasan Bandara Supadio
Baca juga: Camat Harapkan PJU Tugu Ali Anyang
Baca juga: Kubu Raya Tarik Investor Dengan Tugu Arwana

"Jika semuanya sudah terencana dengan baik, kami juga akan menyiapkan anggarannya dan tentunya harus didukung semua pihak baik dari eksekutif maupun legislatif," katanya.

Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah juga akan membahas rencana pembangunan tugu Sampan Menanjak di bundaran Bandara Supadio dengan PT Angkasa Pura II.

Baca juga: Muda Mahendrawan sebut 30 persen infrastruktur Kubu Raya masih rusak
Baca juga: TP PKK Kubu Raya fokus bina kader memaknai peringatan Hari Kesatuan Gerak ke-50
Baca juga: Yusran Anizam ingatkan sekolah maksimalkan pemanfaatan teknologi

Amini menjelaskan pula bahwa pemerintah daerah membangun tugu tersebut karena ada dorongan dari masyarakat untuk membuat bangunan tengara dengan ciri khas Kubu Raya.

"Ini kita lakukan karena adanya dorongan dari masyarakat, yang menginginkan dibangunnya tugu Sampan Menanjak di Kubu Raya, karena Sampan Menanjak ini memiliki filosofi usaha dan kerja keras," katanya.

Baca juga: Bupati Muda ajak pelajar jadi jangkar organisasi
Baca juga: BKMT Kubu Raya gelar seleksi daerah wisata dakwah lintas Borneo
Baca juga: Pemkab Kubu Raya latih UMKM naik kelas

Dorongan untuk membangun tugu Sampan Menanjak, menurut dia, mengemuka pada Festival Kreasi Sampan Menanjak untuk memeriahkan perayaan ulang tahun ke-15 Kabupaten Kubu Raya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022