Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menyosialisasikan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kesetaraan dengan menampilkan inovasi dan semangat pembaharuan.

"Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh kepala taman kanak-kanak (TK) dan kelompok bermain (KB), serta operator Dapodik," kata Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya Asmil Ratna, di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi Dapodik bertujuan untuk mendorong lembaga-lembaga PAUD agar proaktif dalam memperbarui data. Dapodik dianggap sebagai tulang punggung manajemen lembaga pelayanan PAUD, menjadi basis data untuk kegiatan pelayanan di satuan pendidikan PAUD.

Menurut dia, Dapodik menjadi sumber data utama karena kebenarannya dijamin oleh kepala satuan pendidikan melalui surat pertanggungjawaban mutlak. Data ini berperan sebagai rapor pendidikan daerah, menjadi dasar bagi pemerintah daerah untuk merancang program pendampingan yang holistik, termasuk penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas para pendidik.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyampaikan komitmen pemerintah kabupaten dalam memperkuat sistem Dapodik. Pendekatan ini sejalan dengan upaya pemerintah pusat untuk terus memperbarui data dan aplikasi sesuai kebutuhan.

Saat membuka sosialisasi, Bupati Mahendrawan menekankan pentingnya backup data menggunakan geoportal atau portal web yang terus diperbaharui.

Muda Mahendrawan menjelaskan bahwa dengan pendekatan ini, semua aspek layanan kelembagaan dan terkait dengan tenaga pendidik dapat lebih mudah terukur. Program insentif untuk guru-guru PAUD, termasuk tambahan insentif untuk pengawas, dapat diimplementasikan dengan lebih standar dan efisien.

"Saya menekankan pentingnya keterlibatan orang tua dalam memahami perlunya anak-anak usia 3-5 tahun terlibat dalam PAUD. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar sejak dini, sehingga mereka siap menghadapi pendidikan formal di tingkat sekolah dasar," kata Muda.


Baca juga: Pemkab Kubu Raya perkuat sistem data pendidikan

Baca juga: Pemkab Ketapang bahas pengusulan kebutuhan ASN tahun 2022






 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023