Wakil Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Sujiwo mengatakan untuk tetap menjaga kesehatan anak-anak Dinas Pendiidkan Kubu Raya telah mengintesifkan keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dari setiap jejang pendidikan yang ada.

"Saya rasa ini sangat penting karena sekolah melalui UKS juga memiliki peranan startegis untuk memberikan pemahaman kesehatan kepada anak-anak sejak dini," katanya di Sungai Raya, Kamis.

Untuk itu, kata dia, pemerintah daerah berkomitmen penuh untuk meningkatkan pembangunan di sektor pendidikan, termasuk aspek kesehatan di sekolah.

Baca juga: Sekda Kayong Utara buka Sosialisasi UKS di Istana Rakyat

"Peningkatan sarana pendidikan di Kubu Raya menjadi salah satu komitmen saya dan bupati untuk meningkatkan SDM yang ada di Kubu Raya. Untuk itu, selama kami menjabat kita akan memaksimalkan peningkatan sektor ini agar ke depan anak-anak kita bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan semakin baik," katanya.

Sujiwo menambahkan saat ini SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 1 Rasau Jaya menjadi wakil Kabupaten Kubu Raya pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019.

Kedua sekolah itu juga sudah dikunjungi Tim Penilai LSS Provinsi. Dalam salah satu poin penilaian yang dilakukan tim penilai tersebut, katanya adalah kesehatan sekolah.

"Usaha Kesehatan Sekolah bagian penting dari suatu lembaga pendidikan di sekolah-sekolah. Maka tentu kami selaku pimpinan daerah memberikan atensi semaksimal mungkin," katanya.

Baca juga: Wakil Bupati : UKS Menanamkan Pola Hidup Sehat

Meski mengaku berharap dapat meraih prestasi, Sujiwo menyerahkan penilaian kepada tim penilai. Dirinya meyakini tim sangat profesional. Terlebih telah ada kriteria-kriteria bagi sekolah yang nantinya akan ditetapkan sebagai pemenang.

"Kalau boleh berharap, inginnya kita menjadi yang terbaik. Tetapi tentu kriteria-kriteria dan standardisasinya sudah ada," katanya.

Sujiwo menambahkan, jika nantinya ada rekomendasi dari tim penilai LSS, pemerintah daerah siap untuk memenuhinya. "Apa yang direkomendasikan untuk dipenuhi, dalam tempo yang sesingkat-singkatnya akan kami penuhi," katanya.

Baca juga: Ners Untan Resmikan UKS SMPN 11 Ambawang
Baca juga: Kalbar Perkuat Penjaringan Kesehatan Anak Usia Sekolah
Baca juga: Kapuas Hulu Tingkatkan Peran UKS
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019