Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Bung Tomo mengatakan dari lima orang positif COVID - 19 di Kapuas Hulu satubl diantaranya merupakan dokter di Puskesmas Putussibau Utara dan dua tenaga pendidikan di SMPN 07 Putussibau, Kecamatan Putussibau Selatan.

" Berdasarkan hasil swab ada empat orang penambahan positif COVID - 19, jadi total positif COVID - 19 di Kapuas Hulu saat ini ada lima orang, satu dokter, dua petugas kesehatan, dan dua lagi merupakan tenaga pendidikan," kata Bung Tomo, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa.

Baca juga: Lima orang di Kapuas Hulu positif COVID - 19

Disampaikan Bung Tomo, gugus tugas telah melakukan berbagai langkah terhadap pasien positif COVID - 19 dengan melakukan isolasi dan dilakukan pengawasan oleh gugus tugas.

Selain itu, akan dilakukan pengambilan swab terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak fisik dengan kelima orang positif COVID - 19.

" Jadi yang merasa pernah kontak fisik dengan pasien COVID - 19 silahkan melaporkan diri ke gugus tugas dan akan kami jadwalkan pengambilan swab," ucap Bung Tomo.

Dikatakan Bung Tomo, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap gugus tugas untuk menentukan sikap selanjutnya, terutama untuk penertiban disiplin protokol kesehatan terhadap masyarakat.

Baca juga: Dinkes Kalbar imbau pemilik warung perketat protokol kesehatan cegah COVID-19

" Kita akan tegakan Inpres nomor 06 Tahun 2020 Tentang kewajiban protokol kesehatan dan sankinya yang akan di buat Peraturan Bupati Kapuas Hulu," kata Bung Tomo.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu siap menerapkan Inpres Presiden dan di tindaklanjuti melalui Perbup terkait penerapan protokol kesehatan.

" Kita siap laksanakan swab massal bila perlu setiap hari, karena ini bukan main - main, di sayangkan masyarakat masih menganggap hal ini masih biasa - biasa saja, maka kita tegaskan akan ada sanksi kedepannya bagi yang tidak disiplin protkol kesehatan," tegas Antonius.

Baca juga: Puskesmas Putussibau Utara tutup pelayanan karena COVID - 19
Baca juga: Satu petugas kesehatan Puskesmas Putussibau Utara positif COVID - 19
Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kalbar mencapai 429 pasien

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020