Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meninjau Bantuan Stimulan perumahan Swadaya (BSPS) untuk korban kebakaran di Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Ada 50 rumah di bangun untuk korban kebakaran dari dana APBN, saya lihat sudah tahap finishing," kata Lasarus, usai mengunjungi salah satu korban kebakaran di Desa Sayut, Kecamatan Putussibau Selatan, Kamis.

Baca juga: Danrem 121/ABW serahkan bantuan korban kebakaran Rumah Betang Sayut
Baca juga: Pemerintah bangun 51 rumah warga Nanga Nyabau korban kebakaran

Disampaikan Lasarus, bantuan pembangunan rumah itu langsung dari Kementerian PUPR sebanyak 50 unit, dengan target paling lama dua bulan ke depannya pembangunan BSPS itu sudah selesai.

Menurut dia, BSPS itu memang di peruntukan bagi warga Desa Sayut korban kebakaran rumah Betang beberapa waktu lalu.
 
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menempelkan plang BSPS di rumah salah satu warga korban kebakaran di Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimatan Barat. (Foto ANTARA/Timotius)


"Saya akan datang kembali ke Desa Sayut, untuk memastikan realisasi BSPS itu, katanya tadi paling lama dua bulan lagi selesai dan saya akan datang kembali mengecek," ucap Lasarus yang saat itu di dampingi Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan.

Ia berharap dengan adanya BSPS itu, korban kebakaran yang sempat kehilangan tempat tinggal itu dapat terbantu dan memiliki rumah tinggal.

Rumah Betang Sayut Dusun Bulan Tinjo, RT 04 Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat itu di huni Suku Dayak Taman Kapuas, sekitar 342 jiwa, terdiri dari 51 pintu (bilik) dan 69 kepala keluarga, mengalami musibah kebakaran sekitar pukul 20.30 WIB, Sabtu (17/10-2020).


Baca juga: Komunitas motor trail dan wartawan bantu korban kebakaran Sayut
Baca juga: Petugas kesehatan tangani 10 pasien korban kebakaran Betang Sayut
Baca juga: Polres Kapuas Hulu ungkap penyebab kebakaran Rumah Betang Sayut
Baca juga: Sebanyak 342 korban kebakaran rumah betang mengungsi ke rumah keluarga

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021